Langsung ke konten utama

Tips Agar Anak dekat dengan Orang tua


Di jaman seperti ini pergaulan anak remaja sudah seperti tidak ada batasnya lagi. Bahkan terasa sangat sulit sekali membedakan mana pergaulan yang benar dan salah. Bagi orang tua tentunya sangat sulit mengawasi pergaulan anak mereka. Belum lagi kesibukan para orang tua yang membuat anak terasa jauh bagi mereka. Ditambah karakter para orang tua yang seolah membuat sekat antara orang tua dan anak semakin jauh. Sehingga disatu sisi orang tua ingin anak menuruti atau sesuai dengan mereka, tapi karena sekat tersebut anak tidak merasa nyaman berada didekat orang tua. Selain itu terkadang orang tua tidak mengenal sisi lain dari anaknya yang mengakibatkan anak terjerumus ke dalam pergaulan bebas tanpa disadari oleh orang tua. Untuk itu perlu dilakukan pendekatan-pendekatan khusus agar anak bisa lebih dekat dengan orang tua. Dan berikut adalah beberapa tipsnya.

1. Bersikaplah seperti sahabat
Jadikanlah anak sebagai sahabat
Orang tua mana yang tidak ingin anaknya menjadi penurut dan patuh. Namun banyak orang tua yang justru menerapkan pendekatan yang salah terhadap anaknya. Misalnya seperti menjadi orang tua yang bersikap layaknya mendidik seorang tentara. Tapi bukannya menjadi penurut, anak justru akan menjadi anak yang penakut. Lebih parah lagi anak akan memiliki sikap yang berbeda. Di depan orang tua menjadi anak yang penurut tapi di belakang orang tua menjadi anak yang liar layaknya tanpa aturan. Hal tersebut diakibatkan oleh sikap orang tua yang membuat anak merasa terkekang. Untuk itu orang tua harus merubah sikap mereka seperti layaknya seorang sahabat bagi anak. Mulailah terbuka dengan anak. Bisa dengan memulai curhat dengan anak. Bertanya mengenai teman-temanya, cerita di sekolah maupun hal baru yang didapat si anak dari pergaulannya, dan buat anak merasa senyaman mungkin berada di dekat anda. Dengan begitu lama-kelamaan anak akan mudah akrab dengan anda.

Bermain video games bersama anak
2. Menjadi teman bermain mereka
Jika anda sudah merasa dekat dengan anak, anda dapat juga menjadi teman bermain bagi si anak. Ajaklah permainan-permainam yang mereka suka. Bermain petak umpet, tembak-tembakan atau bermain video games bersama anak. Dengan begitu anak tidak akan merasa cepat bosan berada di rumah.


Makan bersama Keluarga
3. Makan bersama di meja makan
Biasakan meluangkan waktu untuk makan bersama dirumah. Selain membuat suasana menjadi semakin akrab. Dengan makan bersama orang tua dapat mengajarkan tata kerama dalam meja makan.
Memancing bersama anak
4. Melakukan hobi bersama
Ajaklah si anak melakukan hobi bersama. Jika si anak memiliki minat terhadap suatu olahraga ajak mereka melakukan olahraga tersebut bersama. Jika anak memiliki hobi yang berbeda dengan anda, tidak masalah. Anda dapat bertukar minat dengan si anak. Anda dapat meminta si anak untuk mengenalkan hobi mereka. Sebaliknya, anda juga dapat mengenalkan hobi anda ke anak anda.


5. Melakukan pekerjaan rumah bersama anak
Menyuruh anak merapihkan sendiri kamar mereka mungkin menjadi hal yang sulit bagi orang tua. Karena biasanya anak akan malas merapihkan kembali sesuatu yang telah meraka berantakan. Untuk itu acara bersih-bersih rumah bersama anak mungkin bisa menjadi solusi anda agar anak memiki kebiasaan rapi, tentunya selain anda bisa lebih dekat dengan anak anda.

6. Melakukan aktivitas sosial bersama anak
Melakukan aktivitas sosial bersama anak
Jika anda adalah seorang yang aktif dalam kegiatan sosial, anda dapat mengajak anak anda. Selain mengenalkan kegiatan sosial kepada anak sejak usia dini, anda juga dapat mengajarkan kepada anak bagaimana cara berinteraksi dengan lingkungan sosial.


7. Pergi ke tempat rekreasi bersama anak
Saat weekend atau sedang libur panjang, buatlah jadwal rekreasi bersama si anak. Ajaklah mereka ke tempat rekreasi yang mereka inginkan. Bermain di wahana-wahana wisata, atau pergi ke kebun binatang juga bisa dilakukan. Jika anda merencanakan pergi ke kebun binatang, mulai lah mencari informasi mengenai berbagai macam binatang. Karena pada saat ke kebun binatang anda juga mengenalkan si anak berbagai jenis satwa beserta dengan perilaku mereka.
Ada baiknya meluangkan waktu untuk berekreasi bersama anak


Demikianlah beberapa tips agar orang tua bisa menjadi lebih dekat dengan anak. Semoga tips tadi bisa bermanfaat bagi kita semua. Dan semoga anak kita kelak menjadi generasi penerus bangsa yang memiliki atittude baik.

Komentar

  1. nmr 1 gue pling sependapat, rata2 ortu pengennya keras didiknya akhirnya anknya jd penakut bahkan sm sekali ga mau curhat seandainya ada mslh apa2.

    Salam Hangat

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Kebutuhan Sekunder yang Menjadi Kebutuhan Primer

Apa yang menjadi kebutuhan utama bagi manusia? sejak jaman dahulu hingga saat ini sejatinya ada 3 kebutuhan pokok dan utama bagi manusia, yakni pangan, sandang, dan papan. Kebutuhan Pangan merupakan kebutuhan yang paling utama agar manusia dapat bertahan hidup didunia ini. Selain untuk bertahan hidup, tentunya makanan dibutuhkan sebagai nutrisi untuk berkembang dan tambahan energi untuk melakukan berbagai macam aktivitas. Kemudian kebutuhan sandang atau pakaian, merupakan kebutuhan manusia selanjutnya. Sandang atau pakaian digunakan untuk bertahan hidup dari udara didunia ini agar kita tidak mudah terserang penyakit. Selain itu pakaian juga memiliki fungsi estetika atau keindahan dan juga sebagai penutup aurat. Lalu yang terakhir kebutuhan papan atau tempat tinggal, yakni kebutuhan utama yang terakhir. Tempat tinggal dibutuhkan manusia sebagai tempat berlindung atau berteduh dari cuaca seperti panas, hujan serta hawa dingin ketika di malam hari. Selain 3 kebutuhan utama diatas bisa d

User Interface Design
1. Interaction Style

Interaksi manusia dengan komputer Di zaman modern seperti ini tentunya kita sudah terbiasa dengan berbagai macam teknologi terutama yang berbasis sistem komputer. Dan dari teknologi yang berbasis sistem komputer tersebut ada yang namanya interaction style. Interaction Style atau dalam bahasa Indonesia berarti gaya berinteraksi, merupakan metode sederhana yang digunakan sebagai media komunikasi antara user dengan sistem komputer maupun antara sesama sistem komputer. Interaction style terdiri dari beberapa macam, diantaranya adalah : 1. Command Line Merupakan interaction Style yang muncul pada awal pengembangan teknologi sistem komputer. Inputan command line ini melalui ketikan dari papan keyboard. Pada interaction style seperti ini biasanya ditujukan untuk user dengan tingkat advance. Karena dalam penggunaan command line terdapat sintaks-sintaks yang rumit, sehingga orang awam biasanya akan kesulitan dalam menggunakan interaction style seperti ini. Selain itu butuh ketekunan dan k

Adidas F50 adiZero miCoach, Sepatu sepakbola terpintar di dunia

Di zaman seperti saat ini perkembangan teknologi sudah merambah hampir setiap aspek kehidupan kita. Mulai perkembangan teknologi yang membantu pekerjaan kantor, hingga yang  membantu dalam urusan pekerjaan rumah tangga. Dunia sepakbola-pun tidak ingin ketinggalan dalam perkembangan teknologi tersebut. hal tersebut dibuktikan dengan terciptanya Adidas F50 adiZero miCoach. Sepatu buatan apparel asal Jerman tersebut bukanlah sepatu biasa. Karena jika biasanya sepatu sepakbola didesain sedemikian rupa untuk meningkatkan akselerasi, akurasi dan lain-lain, sepatu ini bisa dibilang mempunyai “otak” sendiri karena dibenamkan sebuah micro chip. Apa fungsi micro chip tersebut? fungsinya adalah untuk mencatat semua statistik seperti akselerasi, jumlah sprint, jarak berlari dari  pemain yang memakai sepatu tersebut. Sudah begitu bobotnya yang hanya seberat 165 gram dipastikan tidak akan mengganggu performa dari si pemain yang memakai sepatu tersebut. Selain itu kita juga dapat menerapkan porsi la