Langsung ke konten utama

Berbagai macam usaha yang muncul dan tenggelam akibat perkembangan


Teknologi dewasa ini sudah sangat berkembang sangat pesat. Berbagai macam hasil dari perkembangan teknologi tersebut bisa kita nikmati saat ini. Namun perkembangan teknologi tersebut tidak selamanya membawa keuntungan bagi semua kalangan. Namun di Indonesia ada beberapa pihak yang justru merugi akibat perkembangan teknologi tersebut diantaranya adalah orang-orang yang mencari nafkah dari usaha berikut ini.

1. Tukang Ojek
Tukang Ojek
Pada awal kemunculannya, sepeda motor masih merupakan barang mewah bagi penduduk Indonesia. Namun kebutuhan akan alat transportasi yang cepat tetaplah tak terbendung. Oleh karena itu, ada beberapa pihak yang memiliki modal memiliki ide untuk menyewakan jasa transportasi dengan sepeda motor tersebut yang hingga kini dikenal dengan tukang ojek. Dan kehadirannya pun mendapat sambutan positif dari banyak masyarakat hal tersebut dibuktikan dengan mulai menjamurnya usaha ojek ini. Tak hanya di kota besar, di pelosok-pelosok desa-pun juga ikut merasakan manfaat dari tukang ojek ini. Namun dalam beberapa tahun terakhir nampaknya usaha ojek ini mulai sepi peminat. Pasalnya masyarakat lebih memilih untuk memiliki dan mengendarai sepeda motor sendiri. Selain karena bahan baku pembuatan sepeda motor mulai murah, mudahnya mengenderai sepeda motor, mudah mendapatkan SIM hingga kenaikan harga BBM juga mempengaruhi minat masyarakat untuk berpaling dari tukang ojek. 

2. Angkot
Angkot
Sama seperti tukang ojek, awal munculnya angkot atau angkutan kota ini dimulai karena mahalnya harga sebuah mobil saat itu. Bentuknya yang mini tak sebesar Bus, serta mampu mengangkut banyak orang walaupun harus berdesakan, membuat banyak yang melirik usaha angkutan umum ini. Namun sama seperti tukang ojek, usaha angkot ini juga perlahan mulai sepi peminat karena banyak masyarakat yang lebih memilih sepeda motor/mobil.



3. Wartel (Warung Telepon)
Wartel
Komunikasi merupakan hal yang sangat penting bagi manusia. Setiap manusia pasti tak lepas dari yang namanya komunikasi. Bahkan ketika orang tersebut terpisahkan oleh jarak. Dan sejak kemunculannya, telepon menjadi hal yang sangat penting bagi manusia dalam mewujudkan komunikasi antar sesama walau itu terpisahkan jarak yang jauh. Namun sayang kala itu tak semua orang masyarakat Indonesia tidak memiliki perangkat komunikasi ini. Biaya pemasangan yang mahal serta harga sebuah telepon yang saat itu masih mahal menjadi faktor penghambat. Selain itu perusahaan penyedia layanan komunikasi ini juga sangat kesulitan memasang perangkat kabel telepon karena luasnya serta tidak meratanya penduduk Indonesia. Oleh sebab itu beberapa pihak yang memiliki modal membuka usaha Wartel atau Warung Telepon. Masyarakat pun banyak terbantu sekali dengan adanya wartel ini. Bukan hanya bagi penduduk desa yang saat itu belum memiliki telepon, namun penduduk kota juga bisa merasakan manfaatnya. Gaya hidup yang dinamis membuat mereka dapat meghubungi siapapun dan dimanapun ketika ada wartel. Namun sekarang, akibat berkembangnya Telepon Seluler atau ponsel membuat wartel semakin tidak laku. Bahkan penduduk desa kini banyak yang memiliki ponsel karena jangkauan sinyal dari operator kartu telepon telah menjangkau beberapa pedesaan.

4. Warnet – Jasa Pengetikan dan Print
Warnet
Beberapa dekade lalu, komputer masih sebuah barang yang mewah. Bahkan tidak semua perusahaan memiliki perangkat yang satu ini. Namun kebutuhan akan komputer sebagai alat pemroses kata mulai meningkat. Karena komputer dinilai lebih flexible dalam memproses kata dibandingkan alat ketik konvensional seperti mesin ketik. Kemudian mulai lahirlah jasa-jasa pengetikan di Indonesia. Bukan hanya untuk perkantoran, namun juga di lembaga lain seperti di sekitar sekolah atau kampus. Dan seiring berkembangnya teknologi Internet, beberapa jasa pengetikan juga menyediakan fasilitas internet yang kemudian berubah menjadi warnet atau warung internet. Pada awal 2000-an seiring dengan berkembangnya teknologi internet, mulai muncul warnet-warnet tersebut. Namun beberapa tahun berselang,muncul game-game yang berbasis online, sehingga penyedia jasa layanan warnet juga menuai keuntungan akibat munculnya game-game online tersebut. Namun beberapa tahun belakangan, warnet-warnet tidak seperti pada awal kemunculanya. Warnet sekarang lebih didominasi oleh warnet-warnet game online. Selain itu tampaknya warnet-warnet sekarang mulai sepi peminat akibat mulai murahnya jasa layanan internet.

5. Rental Playstation
Rental PS
Pada awal kemunculannya, Playstation langsung menjadi primadona seluruh anak-anak didunia, termasuk di Indonesia. Semua anak nampaknya mengidamkan sebuah playstation dirumahnya. Namun sayang mulai dari terkendala faktor ekonomi hingga tak dibelikan oleh orang tua karena takut anaknya menjadi malas, menjadi faktor mengapa tak semua anak bisa memiliki console video game ini. Nampaknya peluang tersebutlah yang dibaca oleh beberapa pihak, sehingga mulailah bertebaran rental-rental Playstation tersebut di sudut-sudut komplek atau kampung disekitar kita. Namun sayang mulai murahnya console video game tersebut, hingga beralihnya anak-anak memilih permainan komputer menjadi penyebab mulai berkurangnya usaha rental playstation ini.

6. Rental kaset VCD/DVD
Rental VCD
Pada mulanya VCD Player merupakan masih barang yang mewah, tak semua orang memilikinya. Namun dalam perkembanganya DVD Player harganya mulai menurun. Tapi saat itu mendapatkan sebuah keeping VCD masih sangat sulit, karena keping VCD saat itu masih tergolong sangat mahal karena hanya tersedia yang original saja. Hal tersebutlah yang memunculkan ide beberapa pihak untuk membuka usaha rental kaset VCD. Walaupun pada akhirnya muncul kaset-kaset bajakan, namun usaha ini masih bisa bertahan karena berberapa alasan, seperti masyarakat yang tidak mau menyimpan keping VCD terlalu banyak dirumah akibat banyak membeli kaset VCD. Dan ketika VCD berganti DVD, usaha rental kaset ini mulai sepi, walaupun ada beberapa yang beralih menjadi usaha rental DVD. Namun nampaknya masyarakat kita lebih senang mengunduh sendiri film favorit mereka dibandingkan menyewa kaset DVD.




sumber gambar :




*Gambar 6

Komentar

  1. Paling mengesankan adalah warnet, banyak waktu dan pikiran tercurah di warnet kala itu... :)

    Salam kenal dari parkirgratis.com

    BalasHapus
  2. halo sodara-sodara, jayalah selalu warnet-warnet Indonesia !!!


    Cara sembuhkan jerawat

    Desain Kolam renang

    Tugas makalah sekolah

    cara daftar akun pointblank

    tutorial cara pinjam bank


    Maju teknologi, maju pula peradaban
    Salam admin warnetgea

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Kebutuhan Sekunder yang Menjadi Kebutuhan Primer

Apa yang menjadi kebutuhan utama bagi manusia? sejak jaman dahulu hingga saat ini sejatinya ada 3 kebutuhan pokok dan utama bagi manusia, yakni pangan, sandang, dan papan. Kebutuhan Pangan merupakan kebutuhan yang paling utama agar manusia dapat bertahan hidup didunia ini. Selain untuk bertahan hidup, tentunya makanan dibutuhkan sebagai nutrisi untuk berkembang dan tambahan energi untuk melakukan berbagai macam aktivitas. Kemudian kebutuhan sandang atau pakaian, merupakan kebutuhan manusia selanjutnya. Sandang atau pakaian digunakan untuk bertahan hidup dari udara didunia ini agar kita tidak mudah terserang penyakit. Selain itu pakaian juga memiliki fungsi estetika atau keindahan dan juga sebagai penutup aurat. Lalu yang terakhir kebutuhan papan atau tempat tinggal, yakni kebutuhan utama yang terakhir. Tempat tinggal dibutuhkan manusia sebagai tempat berlindung atau berteduh dari cuaca seperti panas, hujan serta hawa dingin ketika di malam hari. Selain 3 kebutuhan utama diatas bisa d

User Interface Design
1. Interaction Style

Interaksi manusia dengan komputer Di zaman modern seperti ini tentunya kita sudah terbiasa dengan berbagai macam teknologi terutama yang berbasis sistem komputer. Dan dari teknologi yang berbasis sistem komputer tersebut ada yang namanya interaction style. Interaction Style atau dalam bahasa Indonesia berarti gaya berinteraksi, merupakan metode sederhana yang digunakan sebagai media komunikasi antara user dengan sistem komputer maupun antara sesama sistem komputer. Interaction style terdiri dari beberapa macam, diantaranya adalah : 1. Command Line Merupakan interaction Style yang muncul pada awal pengembangan teknologi sistem komputer. Inputan command line ini melalui ketikan dari papan keyboard. Pada interaction style seperti ini biasanya ditujukan untuk user dengan tingkat advance. Karena dalam penggunaan command line terdapat sintaks-sintaks yang rumit, sehingga orang awam biasanya akan kesulitan dalam menggunakan interaction style seperti ini. Selain itu butuh ketekunan dan k

Adidas F50 adiZero miCoach, Sepatu sepakbola terpintar di dunia

Di zaman seperti saat ini perkembangan teknologi sudah merambah hampir setiap aspek kehidupan kita. Mulai perkembangan teknologi yang membantu pekerjaan kantor, hingga yang  membantu dalam urusan pekerjaan rumah tangga. Dunia sepakbola-pun tidak ingin ketinggalan dalam perkembangan teknologi tersebut. hal tersebut dibuktikan dengan terciptanya Adidas F50 adiZero miCoach. Sepatu buatan apparel asal Jerman tersebut bukanlah sepatu biasa. Karena jika biasanya sepatu sepakbola didesain sedemikian rupa untuk meningkatkan akselerasi, akurasi dan lain-lain, sepatu ini bisa dibilang mempunyai “otak” sendiri karena dibenamkan sebuah micro chip. Apa fungsi micro chip tersebut? fungsinya adalah untuk mencatat semua statistik seperti akselerasi, jumlah sprint, jarak berlari dari  pemain yang memakai sepatu tersebut. Sudah begitu bobotnya yang hanya seberat 165 gram dipastikan tidak akan mengganggu performa dari si pemain yang memakai sepatu tersebut. Selain itu kita juga dapat menerapkan porsi la